Membedakan madu asli dan palsu

26 Feb 2013

fb93d6d4477ca8c18a8256ec32eef39b_madu_madu_asliKali ini embun pagi ini ingin bercerita sedikit soal Membedakan madu asli dan palsu . Madu asli sudah lama memang menjadi barang yang langka dan susah sekali ditemukan. Madu asli adalah madu yang benar-benar dihasilkan dari lebah madu bukan campuran.

Karena banyak sekali pen jual madu asli yang saat ini yang mencampur madunya dengan bahan gula bahkan pemanis makanan.

Manfaat Madu asli sebenarnya sangat baik untuk pengobatan, perawatan atau untuk bahan dasar makanan atau minuman kesehatan. Namun akan lain ceritanya jika anda mem beli madu asli tapi tenyata itu madu palsu, kecewa kan? Karena akibatnya tentu saja bukannya anda sehat dan sembuh dengan mengkonsumsi madu tersebut malah sebaliknya anda akan semakin sakit.

Nah, bagaimana sih membedakan madu asli dan madu palsu? Hal ini penting kita ketahui agar lebih hati-hati mem beli madu yang beredar di pasaran.

Oke, ciri ciri madu asli berdasar pengalaman penulis bisa di kategorikan dengan beberapa strategi pembedaan.

1. Pertama bedakan dari harga madu asli tersebut. Harga madu Asli berkisar antara 150 240 ribu. Ini berdasarkan harga jual madu asli di daerah saya di Lombok atau Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Kisaran harga madu Sumbawa Asli misalnya adalah 120 sampai 190 ribu per botol ukuran 600 Ml.

2. Cara mengetahui madu asli dan palsu yang lain adalah mengetahui dari rasa dan aromanya. Dari aroma dan rasanya sebetulnya keaslian madu bisa diketahui. Ciri Madu Asli tidak menyengat dan rasanya agak manis dan sedikit asam. Meng tes Madu Asli bisa anda lakukan dengan mengecap madu tersebut, jika manisnya terasa sangat manis berarti itu madu palsu. Madu lebah asli akan terasa manis biasa tidak semanis gula

3. Cara menguji madu asli juga bisa dilakukan dengan cara meneteskan madu asli di secarik kertas yang tipis seperti kertas Koran atau sejenisnya. Untuk mengetahui Ciri2 madu asli seperti ini bisa dilakukan dengan membiarkan madu menempel di kertas tersebut selama beberapa menit. Apabila madu tersebut langsung menembus kertas berarti bukan madu asli

4. Cara Tes madu asli juga bisa dilakukan dengan cara memasukkan madu asli ke dalam freezer (bukan kulkas makanan ya). Nah, ciri madu asli tidak akan beku walaupun disimpan dalam kulkas berhari-hari.

5. Beda madu asli dan madu palsu juga bisa diketahui dengan memasukkan madu kedalam botol plastik seperti botol aqua. Setelah anda masukkan maka diamkan beberapa hari. Jika madu tersebut asli, pasti botol plastik tersebut lama kelamaan akan melar, gak usah lama-lama sehari saja.

Nah, itulah sedikit cara Membedakan madu asli dan palsu. Banyak cara menguji keaslian madu yang lainnya, namun cara ini yang pernah penulis lakukan.

Semoga bermanfaat


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post